Penelitian Tentang Desain Digital Yang Dibuat Influencer Youtuber Miawaug Menggunakan Teori Semiotika
Penelitian Tentang Desain Digital Yang Dibuat Influencer Youtuber Miawaug Menggunakan Teori Semiotika
Latar Belakang
1. Apa Itu Youtube?
Youtube salah satu situs web pencari kedua paling banyak di dunia. Youtube didirikan oleh tiga (3) mantan karyawan Paypal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Didirikan pada 14 Februari 2005 di San Mateo, California, Amerika Serikat. Youtube salah satu anak perusahaan Google yang kini sudah menjadi platform menonton video paling populer dan kini sudah banyak video-video yang sudah diupload dan umumnya berupa video klip, film, animasi dan video buatan penggunanya sendiri. Youtube sendiri memiliki banyak fitur pemanfaatan yang dapat memudahkan keperluan dan kebutuhan penggunananya seperti, adanya layanan gratis saat mengakses video, pengguna dapat mengunduh beberapa video tertentu, dapat mengakses seputar hal-hal teknis, dapat mengakses video streaming, dan lain-lain.
2. Apa Itu Semiotika?
Semiotika salah satu disiplin ilmu yang bisa menganalisis tanda-tanda pada suatu objek untuk mengetahui suatu makna yang terkandung dalam objek tersebut. Lahir pada abad ke-19 dan berkembang pada pertengahan abad ke-20. Semiotika adalah kajian yang menjadi tradisi dalam teori komunikasi yang mempelajari banyak fenomena sosial-budaya yang memiliki dua aspek, yaitu penanda dan petanda. Dalam kedua aspek tersebut terdapat suatu hubungan yang saling berkaitan dengan penandanya. Penanda memiliki tiga jenis tanda, yaitu ikon, indeks, dan simbol. Dengan demikian metode semiotika itu berupa pencarian tanda yang memiliki sebab secara keseluruhan atau sekumpulan teori mengenai bagaimana sebuah tanda dapat merepresentasikan benda, ide, maupun keadaan.
3. Mengenal Influencer Youtuber Miawaug
Reggie Prabowo Wongkar atau lebih dikenal dengan sebutan Miawaug adalah seorang youtuber gaming yang lahir di Manado, Sulawesi Utara. Reggie memberikan nama Miawaug pada channel youtubenya dari suara binatang kesukaannya, yaitu kucing dan anjing. Pada setiap opening dan ending konten gamenya, Miawaug memberikan gabungan suara antara kucing dan anjing yang membuatnya memiliki ciri khas tersendiri. Memulai karirnya menjadi seorang influencer youtube bidang game, Miawaug dikenal sebagai gamer dengan channel youtube terbesar di Indonesia. Eksistensinya mulai melonjak ketika dirinya bermain begitu banyak game mobile, horror, simulator, dan lain-lain. Banyak yang menyukai konten game dari Miawaug karena pembawaanya yang seru juga ceria dalam bermain game bahkan sering memberikan banyak strategi disetiap game yang ia mainkan. Selain itu Miawaug tidak pernah berkata kasar dan kesantunan berbahasa ini bertujuan agar suasana saat berinteraksinya begitu menyenangkan dan pesan yang disampaikan dengan baik.
4. Pentingnya Mempelajari Teori Semiotika Pada Desain Konten Influencer Youtube
Mempelajari teori semiotika pada desain konten merupakan salah satu upaya untuk mengetahui tanda pada objek yang terdapat dalam konten tersebut yang memiliki makna, dimana secara konten tersebut memiliki bentuk gambar (visual) yang didalamnya memiliki struktur yang saling berkaitan antara garis, warna, maupun komposisi. Pada sebuah desain konten terdapat pesan ataupun makna yang ingin disampaikan kepada khalayak sasaran berbentuk tanda. Mempelajari semiotika pada desain konten sebagai metode kajian penting agar seseorang cenderung untuk memandang berbagai wacana sosial sebagai salah satu fenomena bahasa atau praktek sosial. Mengingat karya desain pada konten memiliki bentuk verbal (bahasa) dan visual yang mengandung banyak ikon yang memiliki makna tertentu dan pendekatan semiotika ini berguna dalam menganalisis tanda pada sebuah desain konten.
Rumusan Masalah
1. Mengapa Miawaug Memilih Konsep Desain Yang Dia Gunakan Sekarang Dalam Konten Videonya?
Miawaug seorang Youtuber bidang Game yang tengah naik daun, sejak 2014 dirinya mulai membuka channel Youtubenya dengan pembawaannya yang lucu serta menarik dan game-gamenya tengah hype yang membuat dirinya menduduki posisi sekarang. Konsep desain yang dipakainya dari awal masih sama hingga sekarang, pemilihan konsep desainnya ini agar fokus untuk menciptakan suatu headline yang kuat pada channel Youtubenya demi menarik perhatian viewernya. Lalu dalam konsep desainnya Miawaug memaksimalkan untuk menciptakan sebuah Engaging Content demi bisa memberikan hiburan, pengetahuan tentang game, tips n trik. Terlebih kebanyakan masyarakat memilih konten yang dapat menghibur maka dari itu Miawaug memberikan konten di bidang game yang paling banyak digemari. Pada thumbnail Youtubenya Miawaug juga mendesain sedemikian rupa guna menarik perhatian viewernya, dimana dirinya mengganti background dengan jenis game yang ia mainkan dengan penambahan teks dibagian bawahnya yang membuat siapa saja tertarik dan seperti bisa mengilustrasikan game tersebut.
2. Konsep Desain Seperti Apa Yang Digunakan Miawaug Untuk Kontennya?
Konsep desain yang diciptakan Miawaug terlihat sederhana dimana dirinya hanya ingin berbagi video serta tips n trik kepada viewernya yang juga menyukai game atau hanya untuk menghibur diri. Konsep desain pada kontennya ini secara visual diambil disebuah ruangan atau indoor dengan menggunakan greenscreen untuk memudahkannya dalam mengedit video berlatarkan gamenya serta memberikan visual game yang dirinya mainkan. Dalam segi tulisan (font), Miawaug menggunakan jenis font Display yang terinspirasi dari sebuah game Minecraft.
Pemilihan font display ini agar lebih ramah dan menarik perhatian para viewernya, terlebih penggunaan font begitu menentukan kesuksesan penyampaian pesan. Untuk konsep desain thumbnailnya Miawaug memilih mengganti atau mengedit backgroundnya dengan game yang dimainkannya. Yang awalnya memakai greenscreen agar lebih mudah untuk mengedit backgroundnya, lalu ditambahkan gambar dirinya atau wajahnya yang tengah berekspresi disebelah kanan atau kiri layout thumbnail tersebut. Ditambahkan teks dibagian depannya.
3. Apa Saja Tanda-Tanda Semiotika Yang Muncul Pada Visual Branding Miawaug Menggunakan Teori Semiotika Ferdinand de Saussure?
Ini salah satu Visual Branding dari channel Youtube Miawaug. Miawaug banyak bermain game yang tengah hype dengan pembawaannya yang khas dari awal hingga akhir video. Dan game yang tengah hype waktu itu adalah Resident Evil Village (8) yang dirilis oleh Capcom dan memiliki alur cerita yang saling berkait dengan Resident Evil 7 : Biohazard. Hal ini yang akan kami analisis menggunakan teori pendekatan semiorika menurut Ferdinand de Saussure. Dalam visual game Resident Evil Village yang dimainkan oleh Miawaug ini lah yang akan menjadi salah satu objek menganalisis tanda-tanda pada beberapa scene game menggunakan pendekatan semiotika.
Berikut analisis mengenai semiotika yang muncul pada visual branding Miawaug berdasarkan konsep Ferdinand de Saussure.
• Judul Game : Resident Evil Village (8)
• Bagian (001)
- Signifier (Penanda)
Seorang wanita dengan bayi dipangkuannya dan tengah memegang buku, ruangannya terdapat sofa dengan keadaan ruangan tersebut sedikit redup hanya diterangi oleh cahaya lampu.
- Signified (Petanda)
Petanda bahwa wanita itu adalah seorang ibu yang tengah membacakan buku cerita kepada anaknya diruang keluarga saat malam hari.
• Judul Game : Resident Evil Village (8)
• Bagian (002)
- Signifier (Penanda)
Terdapat sebuah bangkai mobil dan mayat seorang yang berseragam dengan tumpukan dokumen diatas tumpukan salju serta terdapat pohon dan ranting-ranting yang berjatuhan serta cahaya merah.
- Signified (Petanda)
Petanda bahwa terjadi kecelakaan dimana mobil tersebut menarak pohon saat musim salju dan kawasannya berada di hutan yang diselimuti salju, mayat tersebut seorang polisi dengan beberapa dokumen penting yang terdapat didekat mayat. Dan ada cahaya berwarna merah dari lampu mobil tersebut.
• Judul Game : Resident Evil Village (8)
• Bagian (003)
- Signifier (Penanda)
Terdapat rak kayu lusuh dan terdapat makanan toples kaca yang sudah kadaluarsa dengan keadaan ruangan yang gelap diterangi cahaya dari lampu senter, terdapat laci kayu berwarna putih yang sudah lusuh.
- Signified (Petanda)
Petanda bahwa ruangan tersebut adalah bagian dari sebuah rumah tak berpenghuni yang sudah ditinggal oleh pemiliknya.
• Judul Game : Resident Evil Village (8)
• Bagian (004)
- Signifier (Penanda)
Terdapat tangan seorang pria memakai jaket dengan cincin dijari manisnya, banyak pohon pinus dan ranting-ranting kering. Jalanannya tertutup salju tebal dan langitnya yang redup hanya tersinari cahaya matahari.
- Signified (Petanda)
Petanda bahwa pria tersebut sudah menikah, tengah berjalan diantara hutan yang tertutup salju diudara yang dingin dan hari masih pagi terlihat dari cahaya matahari yang terlihat redup.
• Judul Game : Resident Evil Village (8)
• Bagian (005)
- Signifier (Penanda)
Rumah kayu yang sudah berlubang serta banyak barang-barang seperti kursi, meja, karpet bahkan lemari kayu. Terdapat mayat pria yang tubuhnya sudah terinfeksi memakai celana panjang robek-robek, Banyak salju serta pohon-pohon pinus, ada pria yang memegang sebuah senapan api yang mengarah ke mayat tersebut.
- Signified (Petanda)
Petanda bahwa pria tersebut diserang oleh pria yang sudah terinfeksi mengakibatkan rumah kayu tersebut rusak dibagian dindingnya yang sudah berlubang. Pria tersebut terlihat membela diri dengan menembak pria terinfeksi tersebut hingga mati, keadaan rumah yang berantakan dan sepi sudah ditinggali oleh pemiliknya.
Daftar Pustaka
aiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 259-272.
Pradopo, R. D. (1999). Semiotika: teori, metode, dan penerapannya dalam pemaknaan sastra. Humaniora, 10(1), 76-84.
Puspitasari H, D. (2022). Analisis Kesantunan Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun Studi Kasus Kebiasaan Menonton Youtuber Gaming “Miawaug” Di Kabupaten Ponorogo. Analisis Kesantunan Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun Studi Kasus Kebiasaan Menonton Youtuber Gaming “Miawaug” Di Kabupaten Ponorogo, 7(1), 1-11.
Tinarbuko, S. (2003). Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 5(1).
Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31-43.
Halid, R. (2019). Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure pada Novel Manjali dan Cakrabirawa Karya Ayu Utami. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Komentar
Posting Komentar